Ini Sejarah Dibalik Vespa yang Saat Ini Menjadi Simbol Kendaraan Klasik

Pamplet event Cianjur Bervespa Minggu Ruding (ilustrasi)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Vespa adalah mode transfortasi yang mungkin sebagian orang menganggapnya jadul. Namun, lebih dari itu vespa adalah kendaraan klasik asal italia yang ada di hampir setiap belahan dunia.

Tidak sedikit pecinta vespa fanatik yang mengkoleksi model kendaraan ini dari berbagai serinya.

Namun tahukah anda bahwa vespa merupakan salah satu kendaraan yang diciptakan oleh Piaggio yang pada masa kejayaannya adalah pabrik pembuat pesawat tempur.

Berdasar keterangan dari laman Piaggio, ide mengubah pabrikan pesawat menjadi tempat produksi skuter itu muncul dari Enrico Piaggio pada tahun 1944 menjelang akhir perang dunia II.

Enrico dibantu oleh Corradino D’Ascanio, seorang insinyur penerbangan yang akhirnya berhasil merancang Vespa pertama.

Tampilan desainnya sangat unik, berbeda dari model sepeda motor pada umumnya di masa itu, vespa tampil dengan roda kecil, kursi besar, mesin  tertutup di bagian samping kanan, dan pelindung tinggi di bagian depan.

Nama vespa sendiri memiliki arti tawon, penamaan itu muncul dari enrico tatkala dia mendengar dengungan mesin dari skuter yang dia ciptakan. Terlebih dari bodinya yang memang menyerupai tawon.

Vespa langsung populer. Pada tahun pertama produksinya, pada tahun 1946, Piaggio memproduksi hanya di bawah 2.500 mesin.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist