Berikan Layanan Maksimal bagi Penyintas Gempa Cianjur, PMI Rencanakan Perpanjang Pendampingan

Ketua PMI Cianjur Ahmad Fikri dampingi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla. (Foto:Ist)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) terus berkomitmen memberikan pelayanan yang maksimal bagi para penyintas gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Hingga kini, PMI masih terus memberikan pelayanan bagi  masyarakat Cianjur yang masih membutuhkan.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla memastikan pelayanan terhadap warga korban gempa akan terus berjalan sampai bulan Mei dan kemungkinan diperpanjang dengan pendampingan.

“Sampai hari ini, seluruh pelayanan kemanusian masih berjalan dan akan terus ditingkatkan,” katanya saat melakukan kunjungan ke Cianjur, Jumat (7/4/2023).

Pelayanan yang diberikan diantaranya berupa penyaluran air bersih dengan belasan tangki PMI, pembuatan pipanisasi di wilayah terdampak.

“Juga layanan kesehatan dan penyaluran logistik,”    sebutnya.

Jusuf Kalla menjelaskan  pihaknya siap membantu selama warga masih membutuhkan pelayanan.

Keberadaan berbagai pelayanan seperti air bersih, kesehatan, hunian dan logistik serta pelayanan lainnya masih sangat dibutuhkan warga yang tinggal di tenda dan hunian darurat.

Untuk membantu kebutuhan warga selama puasa hingga lebaran nanti, lanjut dia, PMI akan mengirim logistik sesuai permintaan warga di sejumlah titik hunian darurat yang dibangun PMI.

“Kita akan terus bantu. Kalau nanti Mei tuntas dapat dilanjutkan dengan rencana operasi  lainnya, termasuk pendampingan,” tutur dia.

Ketua PMI Kabupaten Cianjur Ahmad Fikri menjelaskan, sejak hari pertama gempa hingga bulan kelima, pihaknya sudah menjalankan enam layanan bantuan untuk penyintas gempa.

Bahkan untuk layanan hunian darurat atau hunian sementara (Huntara) tercatat saat ini sudah dibangun 410 unit di berbagai desa yang terdampak gempa.

Tak hanya itu, untuk pelayanan pendistribusian air bersih, saat ini terjadi sudah 8,1 juta liter air yang terdistribusikan pada para penyintas.

“Ada enam layanan yang kami jalankan. Mulai dari layanan kesehatan, wash, hunian darurat, logistik dan Distribusi, data dan informasi, hingga kehumasan. Yang terus digenjot yakni kaitan wash, huntara, dan layanan kesehatan,” ucap dia.

Ahmad menambahkan, ke depannya ditargetkan pendistribusian air bersih akan dilakukan hingga akhir April dan kemungkinan akan diperpanjang hingga Mei.

Selain itu, PMI juga menargetkan menambah pembangunan sanitasi di tiga desa binaan.

“Ke depan kita akan tambah beberapa layanan, tetapi tetap memaksimalkan layanan sebelumnya. PMI berkomitmen untuk terus memberikan layanan terhadap masyarakat terdampak gempa agar secepatnya kembali bangkit dan pulih,” tandasnya.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist