Warga Kampung Pamoyanan Lestarikan budaya Berbagi Bubur Asyura

Warga Kampung Pamoyanan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kompak memasak bubur asyura atau bubur merah dan bubur putih Jumat (28/07/2023). (Foto : branda.co.id)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Bulan Muharram merupakan bulan yang spesial bagi umat Islam, terutama di hari ke-10 Muharram. Di hari ini, umat muslim umumnya merayakan Hari Asyura yang ditandai dengan puasa sunah asyura.

Tak hanya puasa Asyura, di beberapa daerah di Indonesia ada juga tradisi penyajian bubur asyura. Seperti halnya yang dilakukan oleh warga Kampung Pamoyanan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,Jumat (28/07/2023).

Dikomandoi Ketua RT 02 RW 10 Kampung Pamoyanan Deli bersama warganya kompak memasak bubur asyura atau bubur merah dan bubur putih untuk dibagikan kepada warga sekitar.

Deli menuturkan, dengan adanya kegiatan bubur asyura ini diharapkan bisa menjadi salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama agar bisa meningkatan kesolidan bersama dan menambah rasa kepedulian warga agar terus kompak untuk berbuat kebaikan.

Menurutnya, kesadaran ini muncul atas inisiasi dan kesadaran warga masyarakat dan para pemimpin warga yang menginisiasi kegiatan ini agar tradisi asyura bisa di adopsi kembali.

“Semoga kegiatan positif ini bisa menjadi contoh untuk warga sekitar Pamoyanan sebagai bentuk pengamalan khoirunnas anfauhum linnas,” ungkapnya.

Salah seorang warga Kampung Pamoyanan, Dedi (70) mengungkapkan, sangat senang dan antusias melakukan kegiatan yang sangat positif itu. Dirinya berharap agar kegiatan ini dapat terus berkelanjutan dan menjadi tradisi di wilayahnya.

“Kegiatan ini walaupun di inisiasi oleh para pemimpin dan calon pemimpin atas kesadaran mereka namun warga bisa menikmati bersam untuk merayakan hari asyuro ini,” tuturnya. (Mg1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist