Digagas Komunitas Sukabumi Sukabuku, 26.000 Puisi Karya Pelajar Kota Sukabumi Pecahkan Rekor MURI

Kota Sukabumi raih rekor MURI dengan penulisan karya puisi pelajar sebanyak 26.000. (Foto: dokpimkotasukabumi)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Sebanyak 26.000 puisi karya pelajar Kota Sukabumi berhasil memecarkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Piagam Rekor MURI diserahkan oleh perwakilan MURI dan diterima langsung oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Plaza Balai Kota setempat, Kamis (14/9/2023).

Pemecahan rekor MURI dengan 26.000 karya tulis puisi pelajar ini digagas oleh Komunitas Sukabumi Sukabuku berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan, Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama Kota Sukabumi.

“Pemecahan rekor MURI ini awalnya digagas Komunitas Sukabumi Sukabuku, karena ingin gerakan literasi melesat sesuai visi misi yang ada di Pemda Kota Sukabumi,” kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Ribuan karya tulis puisi pelajar Kota Sukabumi bertema Sejuta Cinta Sejuta Cerita ini dikumpulkan dan dicetak dalam buku antologi puisi.

“Tema besar Sejuta Cinta Sejuta Cerita ini melambangkan Kota Seukabumi sebagai kota Nizza Van Java,” terang Kang Fahmi, sapaan akrab Achmad Fahmi.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sukabumi Sukabuku Nenden Hendarsih, menjelaskan bahwa ribuan puisi ini di tulis para pelajar saat jam literasi yang ada di setiap sekolah.

Kemudian, pihak sekolah melaporkan hasil karya pelajar kepada tim pencatatan di Komunitas Sukabumi Sukabuku.

“Hanya tiga minggu saja (karya puisi terkumpul,red). Alhamdulillah ini kejasama yang luarbiasa,” imbuh Nenden.

Senior Customer Relations Manager MURI Andre Purwandono mengatakan, penulisan 2.6000 karya pelajar Kota Sukabumi ini berhasil memcahkan rekor sebelumnya yang dilakukan di Kabupaten Karangasem.

“Untuk literasi sebelumnya dilakukan di Karangasem dengan jumlah sekitat 23.000, kemudian ini dioecahkan dengan jumlah 26.000,” kata dia.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist