Usia Bukan Halangan, Seorang Lansia di Sukabumi Berhasil Raup Puluhan Juta Dari Budidaya Anggur Brazil

Kebun Anggur milik Bu Juju hasilkan puluhan juta rupiah setiap kali panen. (Foto:Ist)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Seorang lansia asal Kecamatan Sukaraka, Kabupaten Sukabumi berhasil membudidayakan Anggur Berazil dan bisa mersup penghasila jutaan rupiah dalam sekali panen.

Dia adalah Juju Juarnah (78) di usianya yang senja dia masih mengsibukan diri untuk bertani di lahan seluas 1.300 meter persegi yang nerlokasindi Kampung Sinagar Papak Ranji, Desa Pasirhalang.

Berkat ketekunannya yang dia mulai delapan tahun lalu, kini dia sudah menikmati hasil manis dengan maraun keuntungan puluhan juta dari kebun Anggur Brazil nya.

“Mulai menanam anggur sejak delapan tahun lalu, tapi mulai banyak berbuah sekitar lima tahun yang lalu,” kata Juju kepada waryawan, Selasa (24/10/2023).

Dengan niat mengisi waktu dan kecintaannya terhadap tanaman dia memulai budidaya anggur.

Jumlah pohon anggur Brazil yang dimilikinya sebanyak 64 pohon dan 1.500 pohon bibit anggur Brazil. Dalam setiap tangkai tanaman anggur brazil yang dihasilkan bisa menghasilkan hingga 5 kilogram.

“Alhamdulillah bisa menghasilkan rupiah,” ujarnya.

Juju menyebutkan, Aggur Brazil hasil panennya dijual ke berbagai kota seperti Bandung, Cianjur, Bogor, Pakalongan, dan lainnya. Dngan harga jual per kilogramnya mencapai Rp50 ribu.

“Dalam satu panen bisa menghasilkan lebih dari 1 kuintal,” kata dia.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist