Hadiri Canvassing 2024, Kang Fathan Berikan Motivasi Pada Ratusan Mahasiswa

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Ketua Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) University periode 2017-2021 R Fathan Kamil memberikan motivasi dan kiat-kiat kesuksesan kepada ratusan pelajar se-Kabupaten Cianjur.

Kang Fathan, sapaan akrab Fathan Kamil, memberikan motivasi pada ratusan mahasiswa dalam acara Canvassing 2024 yang diadakan Organisasi Mahasiswa IPB Cianjur (OMICI) di salah satu Hotel di Cianjur, Minggu (14/1/2024).

Dihadapan siswa Kang Fathan mengatakan, sekarang ini semakin banyaknya minat dari anak SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan ke jenjang kuliah.

Esensi dari kegiatan IPB Goes to School ini yaitu mengenalkan IPB baik secara fakultasnya, program studi, jalur masuknya apa saja, fasilitasnya, dan juga informasi terkait beasiswa apa saja yang ada di IPB, khususnya KIP kuliah.

Acara ini juga memberikan sudut pandang baru tentang dunia pertanian kepada siswa kelas XII. Selama ini stigma masyarakat tentang pertanian hanya sebatas melakukan kegiatan bercocok tanam seperti menanam padi, membajak sawah, atau kegiatan bertani pada umumnya.

“Tentunya acara ini sangat menarik untuk diikuti bagi para anak SMA/SMK sederajat untuk meningkatkan pengetahuannya tentang dunia perkuliahan,” kata kata Owner Trust Group ini.

Dunia pertanian memiliki cakupan yang sangat luas, seperti agronomi dan hortikultura, manajemen sumberdaya lahan, agribisnis, teknologi pangan dan banyak bidang lainnya. Semua bidang ini dapat ditemukan dan dipelajari di kampus IPB.

“Dengan diadakannya acara ini diharapkan dapat menjadi tempat mencari informasi bagi anak SMA/SMK sederajat se-Kabupaten Cianjur yang ingin melanjutkan kuliah di IPB University,” ucap anggota legislatif DPR RI dapil Jabar 3 di Pemilu 2024 ini.

Diakhir penyampaiannya, Kang Fathan turut memberikan motivasi dan dukungan kepada mahasiswa OMICI dalam menjalani perjalanan pendidikannya, serta kepada para siswa calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya di IPB nanti.

“Semoga niat dan rencana adik-adik dapat tercapai dan menjadi ladang amal ibadah bagi semua,” harapnya.

Kegiatan Canvassing OMICI 2024 ini, selain diisi dengan pemaparan juga diisi dengan sesi tanya jawab antara siswa dengan Kang Fathan sebagai narasumber. Banyak siswa yang ingin bertanya tentang kiat-kiat untuk sukses, mengembangkan potensi diri, memperluas jaringan dan banyak hal lain yang menggali lebih dalam informasi dari narasumber.

Sementara, Ketua Umum OMICI M. Syahrul Rizki menyampaikan, kegiatan ini, digelar sebagai bentuk edukasi sekaligus informasi tentang ke fakultasan, prodi, beasiswa dan sebagainya agar para siswa siswi yang masih ragu menentukan arah ke depan untuk melanjutkan pendidikan mendapat pencerahan.

Mengusung tema “Berkarya, Berdaya, Berbudaya” Canvassing OMICI 2024 menjadi kegiatan perdana di Kabupaten Cianjur, dan terbesar karena mengundang 300 pelajar tingkat SMA/SMK/MA kelas 12 se-Kabupaten Cianjur.

Canvassing OMICI 2024 ini diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa yang ada di daerah Cianjur. Adapun sub kegiatannya ada try out pada tanggal 12 Januari kemarin secara online. Tujuannya sebagai persiapan sekaligus meningkatkan kualitas dan pengetahuan siswa calon mahasiswa dari wilayah Cianjur.

“Jadi, kami menyampaikan kepada para pelajar agar memiliki keyakinan yang kuat untuk memilih dan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi yaitu di IPB University. Edukasi ini, yang kita sampaikan agar para pelajar sadar bahwasannya saat mereka menjadi mahasiswa nanti bisa berkontribusi kepada daerahnya sendiri yakni di Kabupaten Cianjur ini,” kata Syahrul.

Selain try out, sambung Syahrul, di acara ini juga digelar talk show dengan menghadirkan beberapa narasumber dan duta IPB University. Salah satunya alumni IPB University angkatan 26 yang juga mantan ketua HA IPB R Fathan Kamil.

“Kita juga mengundang narasumber yang kompeten dengan konteks materi yang kita suguhkan. Salah satunya Pak Fathan, mantan ketua HA IPB. Kami meyakini beliau memiliki kapasitas yang luar biasa dimana beliau merupakan mantan ketua HA IPB yang memiliki jaringan himpunan alumni di seluruh di Indonesia,” ungkapnya.

“Kami harap beliau sebagai alumni dan juga seorang pengusaha bisa berbagi wawasan dan pengalamannya hingga bisa sukses ke teman-teman pelajar agar mereka termotivasi dan melihat bukti bahwa lulusan IPB tidak hanya kotor kotoran, tidak hanya menjadi petani tapi bisa menjadi seorang pengusaha, menjadi seorang pemimpin seperti contohnya Pak Fathan ini,” tandasnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist