Ini Sejumlah Kegiatan yang Dilakukan Panwascam Cibinong Jelang Hari Pemungutan Suara

Panwascam Cibinong melaksanakan pengawasan gudang logistik Pemilu 2024. (Foto:Ist)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Menjelang hari pemungutan suara, logistik Pemilu 2024 mulai bergeser dari kecamatan ke desa. Di Kecamatan Cibinong, logistik Pemilu 2024 mulai didistribusikan ke 14 desa oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat, Senin (11/2/2024).

“Sesuai jadwal tahapan, 11 Februari PPK mulai distribusikan logistik. Distribusi logistik dilakukan dengan pengawalan pihak dari Polsek, Panwaslu Kecamatan Cibinong, dan Panitia Pengawas Desa,” kata Ketua Panwaslu Cibinong Musadad, Selasa (12/2/2024).

Musadad melanjutkan, sesuai dalam tahapan masa tenang yang dimulai sejak tangga 11 hingga 13 Februari 2024 pun dilakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang di sepanjang jalan protokol wilayah Kecamatan Cibinong.

“Sesuai ketentuan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum menyatakan bahwa masa tenang dimulai dari tanggal 11 sampai dengan 13 Februari 2024,” terang dia.

Musadad menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pol PP dan Polsek Cibinong dan melakukan persiapan penurunan APK.

“Tepat pukul 00.01 WIB tanggal 11 Februari 2024, Pol PP melakukan penurunan APK yang masih terpasang di sepanjang jalan protokol di saksikan oleh Panwascam,” imbuhnya.

Di hari yang sama, Panwaslu Cibinong pun menggelar apel siaga dan vimbingan teknis Pengawas TPS untuk Pemilu Tahun 2024.

“Pemateri dalam kegiatan tersebut yaitu PPK Cibinong dengan materi mengenai teknis pemungutan suara, diisi juga oleh internal Panwascam terkait tugas, fungsi dan strategi pengawasan pemilu,” beber dia.

Musadad menambahkan, kegiatan itu sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengawas TPS dalam menjalankan tugas, wewenang dan wajiban sesuai tata cara dan tata kerja.

“Serta agar memahami persoalan hukum dan persoalan teknis yang terkait dengan tugas, wewenang dan kewajiban sebagai pengawas
TPS,” pungkasnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist