Ini yang Dihaharapkan Pejabat Wali Kota Sukabumi dari Musrenbang 2024

Sejumlah SKPD mendapatkan penghargaan saat pelalsanaan Musrenbang tingkat Kota Sulabumi tahun 2024. (Foto:Ist)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Penjabat (Pj) Walikota Sukabumi, Kusmana Hartadji berharap Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Sukabumi Tahun 2025 -2045 dapat menghasilkan dokumen perencanaan yang berkualitas dan mampu menjawab berbagai tantangan dan peluang pembangunan.

Hal itu diunhkapkannya saat menghadiri Musrenbang tingkat Kota Sukabumi tahun 2024 yang dilaksanakan di salahsatu Hotel di Jalan Siliwangi, Rabu (6/3/2024).

“Perencanan pembangunan daerah itu menyelaraskan dengan program dari pemerintah pusat. Kemudian, ada usulan yang diakomodir dan juga ada yang ditunda atau dikembalikan,” ujar Kusmana.

Dalam Musrenbang tingkat Kota Sukabumi tahun 2024 terdapat 528 usulan. Usulan-usulan yang diajukan telah dibahas sebelumnya di Musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Jadi, kita juga menjaring kembali terkait apa yang diusulkan untuk menentukan kebijakan penbangunan 20 tahun kedepan,” ungkapnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan menambahkan, rata-rata yang diajukan dalam Musrenbang ini dan hasil verifikasi itu kebanyakan berada di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) sebanyak 163.

“Ya, jadi yang paling banyak itu di PUTR untuk perbaikan jalan,” tambahnya.

Melalui Musrenbang, lanjut Asep, pihaknya meminta saran dan masukan kepada pemangku kepentingan terkait isu strategis dalam penyempurnaan rancangan akhir RKPD tahub 2025 dan RPJPD Kota Sukabumi.

“Tentunya dengan menyamakan persepsi dalam mentukan arah pembangun yang berkelanjutan ini dengan menguatkan sinergitas bersama unsur lainnya,” pungkasnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist