Asal Usul Sejarah Masjid Agung Cianjur Beserta 7 Deretan Fakta Menariknya

Sejarah Mesjid Agung Cianjur (foto: Radar Sukabumi)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.DO.ID – Masjid Agung Cianjur merupakan salah satu landmark penting di Kabupaten Cianjur, karena tidak hanya memiliki nilai sejarah dan arsitektur tinggi, tetapi juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial bagi masyarakat.

Diketahui, Masjid Agung Cianjur merupakan salah satu masjid tertua di Jawa Barat yang didirikan pada tahun 1810 oleh Raden Adipati Wiranatakusumah III, Bupati Cianjur saat itu.

Tak hanya itu, Masjid ini juga kabarnya dibangun di atas tanah wakaf dari Nyi Raden Siti Bodedar, putri dari Ki Sabirudin atau Raden Adipati Nudatar ke-4.

7 Fakta Menarik Masjid Agung Cianjur:

1. Tertua di Cianjur: Masjid ini merupakan tempat ibadah agama Islam tertua di Kabupaten Cianjur, yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

2. Arsitektur: Arsitektur masjid ini memadukan budaya Sunda, Banten, dan Turki. Hal ini terlihat dari bentuk atap prisma bertingkat, bangunan yang melebar, dan menara masjid yang tinggi.

3. Pernah Direnovasi: Masjid ini juga diketajui telah mengalami 7 kali renovasi akibat kerusakan alami dan bencana alam.

4. Penghargaan: Masjid ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai masjid terbaik se-Jawa Barat pada tahun 2014.

5. 3 Pintu Masuk: Masjid ini memiliki 3 pintu masuk utama, yaitu pintu gerbang utama di Jalan Siliwangi, pintu gerbang selatan di Jalan Siti Jenab, dan pintu gerbang utara di Jalan Alun-alun.

6. Kapasitas: Masjid ini mampu menampung hingga 4.000 jamaah.

7. Kegiatan: Masjid ini tidak hanya digunakan untuk salat, tetapi juga untuk berbagai kegiatan keagamaan dan sosial lainnya, seperti pengajian, pesantren kilat, dan bakti sosial.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist