7 Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama di Dunia, Indonesia Urutan Terakhir!

Tahukah kamu deretan negara dengan waktu puasa paling lama? Nah jika belum, simak di sini yu!
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Perbedaan waktu puasa merupakan salah satu bentuk keragaman umat Islam di seluruh dunia, dimana menjalankan ibadah puasa dengan cara yang berbeda namun tujuannya tetap sama, yaitu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Perbedaan waktu puasa di setiap negara ini disebabkan oleh beberapa faktor, yakni seperti letak geografis, musim, perbedaan mazhab, kebiasaan dan tradisi, dan penetapan pemerintah.

Menariknya, Indonesia menduduki peringkat terakhir dari banyaknya negara yang memiliki durasi puasa paling lama loh, kok bisa? Simak sampai selesai ya.

Berikut adalah 7 negara dengan durasi berpuasa paling lama:

1. Islandia

Negara dengan waktu berpuasa paling lama di dunia adalah Islandia. Pada saat puncak musim panas, waktu siang di Islandia bisa mencapai 22 jam, sehingga waktu puasanya bisa mencapai 22 jam.

2. Swedia

Negara di Skandinavia ini memiliki durasi puasa yang hampir sama dengan Islandia. Pada musim panas, waktu siang di Swedia bisa mencapai 20 jam, sehingga waktu puasanya bisa mencapai 20 jam.

3. Norwegia

Negara tetangga Swedia ini juga memiliki durasi puasa yang panjang. Pada musim panas, waktu siang di Norwegia bisa mencapai 19 jam, sehingga waktu puasanya bisa mencapai 19 jam.

4. Denmark

Negara di Skandinavia ini memiliki waktu puasa yang sedikit lebih singkat dibandingkan dengan Islandia, Swedia, dan Norwegia.

Pada musim panas, waktu siang di Denmark bisa mencapai 18 jam, sehingga waktu puasanya bisa mencapai 18 jam.

5. Kanada

Negara di Amerika Utara ini memiliki durasi berpuasa yang bervariasi tergantung pada wilayahnya.

Di wilayah utara Kanada, waktu berpuasa bisa mencapai 19 jam, sedangkan di wilayah selatan Kanada, waktu puasa bisa lebih singkat.

6. Rusia

Negara terbesar di dunia ini memiliki durasi berpuasa yang bervariasi tergantung pada wilayahnya.

Di wilayah timur Rusia, waktu menjalankan ibadah puasa bisa mencapai 17 jam, sedangkan di wilayah barat Rusia, waktu puasa bisa lebih singkat.

7. Amerika Serikat

Negara di Amerika Utara ini memiliki durasi berluasa yang bervariasi tergantung pada wilayahnya.

Di wilayah utara Amerika Serikat, waktu bisa mencapai 17 jam, sedangkan di wilayah selatan Amerika Serikat, waktu puasa bisa lebih singkat.

Indonesia

Indonesia adalah negara dengan durasi berpuasa paling singkat, di antara negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim.

Pada tahun 2023, waktu menjalankan ibadah puasa di Indonesia berkisar antara 12 jam 45 menit hingga 13 jam 15 menit.

Waktu berpuasa yang panjang di beberapa negara tersebut disebabkan oleh letak geografisnya yang berada di dekat kutub.

Pada musim panas, matahari di negara-negara tersebut tidak terbenam selama beberapa hari, sehingga waktu siangnya menjadi sangat panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist