Langka Banget, Ini 7 Macam Sambal Unik dari Berbagai Negara

7 macam sambal dari berbagai negara
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Sambal merupakan bumbu khas Indonesia yang digemari banyak orang, dimana rasanya yang pedas dan gurih mampu menambah kelezatan berbagai hidangan.

Namun, tahukah Anda bahwa sambal tidak hanya ada di Indonesia? Di berbagai negara di dunia, terdapat berbagai macam sambal unik dengan cita rasa yang khas.

Berikut adalah 7 macam sambal unik dari berbagai negara:

1. Sambal Matah (Indonesia):

Sambal matah adalah sambal khas Bali yang terbuat dari irisan bawang merah, cabai rawit, serai, daun jeruk, dan minyak goreng panas. Sambal ini memiliki rasa pedas, segar, dan aromatik yang khas.

2. Sriracha (Thailand):

Sriracha adalah saus pedas khas Thailand yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, cuka, gula, dan garam. Saus ini memiliki rasa pedas, asam, dan manis yang seimbang.

Sriracha biasanya disajikan sebagai pelengkap berbagai hidangan Thailand, seperti nasi goreng, mie goreng, dan tom yum soup.

3. Gochujang (Korea Selatan):

Gochujang adalah pasta cabai pedas fermentasi khas Korea Selatan yang terbuat dari cabai merah, kedelai, beras fermentasi, dan garam. Gochujang memiliki rasa pedas, gurih, dan sedikit manis.

Gochujang biasanya digunakan sebagai bumbu berbagai hidangan Korea Selatan, seperti bibimbap, tteokbokki, dan kimchi jjigae.

4. Harissa (Afrika Utara):

Harissa adalah pasta cabai pedas khas Afrika Utara yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, jinten, ketumbar, dan rempah-rempah lainnya. Harissa memiliki rasa pedas, smokey, dan aromatik yang khas.

Harissa biasanya disajikan sebagai pelengkap berbagai hidangan Afrika Utara, seperti couscous, tagine, dan merguez.

5. Peri-peri (Afrika Selatan):

Peri-peri adalah saus pedas khas Afrika Selatan yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, lemon, cuka, dan rempah-rempah lainnya.

Peri-peri memiliki rasa pedas, asam, dan sedikit manis. Peri-peri biasanya disajikan sebagai pelengkap berbagai hidangan Afrika Selatan, seperti ayam peri-peri, boerewors, dan pap.

6. Wasabi (Jepang):

Wasabi adalah pasta pedas khas Jepang yang terbuat dari batang tanaman wasabi. Wasabi memiliki rasa pedas yang tajam dan menyengat, serta aroma yang khas.

Wasabi biasanya disajikan sebagai pelengkap sushi dan sashimi.

7. Salsa (Meksiko):

Salsa adalah saus pedas khas Meksiko yang terbuat dari tomat, bawang bombay, cabai, dan ketumbar. Salsa memiliki rasa pedas, asam, dan segar yang khas.

Salsa biasanya disajikan sebagai pelengkap berbagai hidangan Meksiko, seperti nachos, taco, dan burritos.

Itulah 7 macam hidangan unik dari berbagai negara. Setiap sambal memiliki cita rasa dan keunikannya masing-masing.

Apakah Anda pernah mencoba salah satu sambal unik ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist