Memahami Makna Narsistik dan Dampak Bahayanya, Yuk Simak di Sini!

Bahaya Narsistik
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Narsistik, yang juga dikenal sebagai Gangguan Kepribadian Narsistik (NPD), adalah kondisi mental di mana seseorang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan, kebutuhan berlebihan untuk dikagumi, dan kurangnya empati terhadap orang lain.

Orang dengan kepribadian narsistik sering memiliki pandangan yang muluk tentang diri mereka sendiri, percaya bahwa mereka lebih penting dan istimewa daripada orang lain.

Mereka juga sangat haus akan pujian dan pengakuan, dan mudah marah atau terluka ketika mereka tidak mendapatkannya.

Narsistik tidak hanya berdampak negatif pada individu yang mengalaminya, tetapi juga pada orang-orang di sekitar mereka.

Berikut beberapa dampak bahayanya:

1. Bagi individu:

-Kesulitan dalam membangun dan mempertahankan hubungan: Orang dengan NPD sering kali memiliki hubungan yang tidak stabil dan penuh konflik dengan orang lain.

-Masalah di tempat kerja: Mereka mungkin kesulitan bekerja sama dengan orang lain dan mengikuti aturan, sehingga berakibat pada masalah di tempat kerja.

-Kesehatan mental yang buruk: Orang dengan NPD lebih rentan mengalami depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya.

2. Bagi orang lain:

-Kekerasan emosional dan mental: Orang dengan NPD dapat memanipulasi, mengeksploitasi, dan merendahkan orang lain.

-Kerusakan harga diri: Berada di sekitar orang dengan NPD dapat merusak harga diri dan kepercayaan diri orang lain.

-Stres dan kecemasan: Berurusan dengan orang dengan NPD dapat menyebabkan stres dan kecemasan bagi orang lain.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang yang menunjukkan beberapa ciri-ciri ini memiliki NPD. Diagnosis narsistik hanya dapat dibuat oleh profesional kesehatan mental yang qualified.

Jika Anda merasa Anda atau seseorang yang Anda kenal mungkin memiliki NPD, penting untuk mencari bantuan profesional.

Terapi dapat membantu orang dengan NPD untuk mengembangkan rasa diri yang lebih realistis, meningkatkan empati mereka terhadap orang lain, dan membangun hubungan yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist