Dikenal Baunya yang Tak Sedap, Ternyata Ini Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan 

Manfaat jengkol bagi kesehatan
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Jengkol, si bau yang kaya manfaat! Di balik aromanya yang khas, tumbuhan ini ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Diketahui, jengkol memiliki nama ilmiah Archidendron jiringa atau Pithecellobium jiringa. Tumbuhan ini biasanya berwarna hijau tua kehitaman dengan bentuk yang pipih dan melengkung.

Tak hanya itu, Jengkol juga memiliki biji yang berwarna cokelat kehitaman dan ditutupi oleh kulit ari yang tipis. Tumbuhan ini biasanya diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti semur, rendang, dan balado.

Berikut beberapa manfaat jengkol yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tumbuhan ini kaya akan vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

2. Melancarkan Pencernaan

Sayuran ini juga mengandung serat yang tinggi, yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu menjaga kesehatan usus dan mikrobioma.

3. Mengendalikan Tekanan Darah

Jengkol mengandung kalium yang tinggi, yang membantu mengontrol tekanan darah. Kalium membantu tubuh mengeluarkan kelebihan sodium melalui urine, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

4. Mengontrol Gula Darah

Menariknya juga mengandung serat yang tinggi, yang membantu mengontrol gula darah. Serat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga membantu menjaga kadar gula darah stabil.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Mengandung antioksidan yang tinggi, yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel dan menyebabkan kanker.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Jengkol mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi, yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor membantu memperkuat tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis.

7. Menyehatkan Kulit

Jengkol mengandung vitamin C dan vitamin E, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, sedangkan vitamin E membantu menjaga kelembaban kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist