Puluhan Tahun Vakum, KONI Kabupaten Sukabumi Kembali Selengarakan PORKAB

Audiensi Koni Kabupaten Sukabumi bersama DPRD membahas usulan diselenggarakan Porkab. (Foto:Her)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Sukabumi direncanakan akan kembali digelar setelah 30 tahun vakum.

Hal itu diusulakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sukabumi saat audiensi dengan Komisi IV DPRD di kantor Koni Kabupaten Sukabumi, Selasa (23/7/2024).

Ketua KONI Kabupaten Sukabumi Sirojudin mengatakan, usulan tersebut disampaikan berdasarkan aspirasi yang dibawa oleh para insan olahraga.

“Insyaallah, tahun ini Porkab akan dilaksanakan kembali. Dewan dan Dispora pun menyambut baik rencana tersebut. Tinggal menunggu realisasinya,”kata Sirojudin kepada wartawan.

Sirojudin menyampaikan, berbagai persiapan pelaksanaan Porkab pun telah dilakukan, baik tempat, waktu, dan puluhan cabor yang akan dipertandingkan.

“Untuk persiapan Porkab kami sudah merancangnya dengan sangat matang, tinggal menungu permohonan anggaran yang di sampaikan dalam audiensi,”ujarnya.

Rencananya, Porkab Kabupaten Sukabumi akan diseleranggarakan pada November 2024 mendatang, bertempat di Lingkungan GOR Cisaat.

“Direncanakan akan diselengarakan pada bulan November 2024. Namun waktunya bisa berubah tergantung dari keputusan Pemkab Sukabumi,”ungkapnya.

Sirojudin mengungkapkan, Cabor yang dilibatkan yakni mengacu pada aturan. Artinya 30 persen dari 47 Kecamatan yang terdaftar.

“Meskipun demikian, semuanya tergantung kepada anggaran. Jika anggaran kurang memadai maka jumlah cabor yang dipertandingkan akan dikurang,”tandasnya.

Staf Ahli Bidang Prestasi KONI Kabupaten Sukabumi Surya Suryanto menambahkan, Porkab merupakan proses atau kerangka pembinaan olahraga Kabupaten Sukabumi.

Pun untuk menemukan dan mencari bibit atlit untuk bekal mengahadapi babak kualifikasi Porpfov pada tahun 2025 mendatang.

“Artinya, bibit atlit yang terjaring dalam Porkab bisa menjadi kerangka dasar untuk menuju Porpov,”imbuhnya.

Berbicara Porprov, KONI menargetkan Kabupaten Sukabumi bisa menyabet peringkat 10 besar dalam Porpov.

“Maka persiapanya harus benar-benar matang melalui Porkab,”tandasnya. (Her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist