Makan Buah Nanas Bikin Lidah Gatal? Ini 6 Tips Mengkonsumsinya

Tips cegah gatal setelah makan nanas
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Pernahkah kamu merasakan sensasi gatal di lidah setelah makan nanas? Sensasi ini sebenarnya cukup umum, dan disebabkan oleh enzim bromelain yang terkandung dalam buah tersebut.

Nanas ini sendiri merupakan buah tropis yang populer dengan rasa manis, dan sedikit asam. Buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan sering dijadikan bahan dalam berbagai hidangan.

 

Berikut Tips Mengatasi Lidah Gatal Setelah Makan Nanas:

 

1. Pilih yang Matang:

Buah yang terlalu matang cenderung memiliki kadar enzim bromelain yang lebih tinggi. Pilihlah nanas yang matang sempurna dengan warna kuning keemasan dan aroma harum.

2. Buang Bagian Tengah:

Bagian tengah buah unj biasanya mengandung konsentrasi enzim bromelain yang paling tinggi. Membuang bagian ini dapat mengurangi rasa gatal di lidah.

3. Rendam dalam Air Garam:

Garam dapat membantu menonaktifkan enzim bromelain. Rendam potongan nanas dalam air garam selama beberapa menit sebelum dikonsumsi.

4. Masak:

Proses memasak dapat mengurangi kadar enzim bromelain. Sobat branda bisa membuat jus buah, panggang, atau nanas yang dimasak menjadi hidangan lain.

5. Konsumsi Bersama Makanan Lain:

Mengonsumsi buah inj bersama makanan lain seperti yoghurt atau es krim dapat membantu mengurangi efek gatal di lidah. Protein dalam makanan tersebut akan “mencuri” perhatian enzim bromelain, sehingga tidak terlalu banyak bereaksi dengan protein pada lidah.

6. Minum Air Putih:

Minum air putih yang banyak dapat membantu menetralkan asam dalam mulut dan mengurangi rasa gatal.

 

Tips Pencegahan:

 

1. Konsumsi dalam Jumlah Sedang: Hindari mengonsumsi buah ini dalam jumlah berlebihan dalam sekali makan.

2. Perhatikan Sensitivitas Tubuh: Jika kamu sangat sensitif terhadap enzim bromelain, sebaiknya batasi konsumsi buah tersebut atau hindari sama sekali.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa tetap menikmati kelezatan nanas tanpa khawatir mengalami rasa gatal di lidah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist