KKN di Desa Girimulya, Mahasiswa UNSUR Ajak Masyarakat Maksimalkan Potensi Wisata Puncak Gunung Salem

Mahasiswa KKN UNSUR membangun spot foto ekobrick dari botol plastik di Wisata Puncak Gunung Salem, Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber. (Foto: Ist)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID- Mahasiswa Universitas Suryakancana (UNSUR) Cianjur yang melaksanakan  Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber, mengajak masyarakat memaksimalkan potensi wisata Puncak Gunung Salem.

Ketua Kelompok KKN UNSUR Cianjur M Abdul Rohim mengatakan, potensi di Puncak Salem Desa Girimulya menjadi fokus mahasiswa KKN Unsur, karena di nilai memiliki dua potensi wisata yakni wisata alam dan wisata kebudayaan.

Dengan begitu, lanjut Rohim, maka perlu penyadaran kepada masyarakat agar mampu memaksimalkan potensi yang besar ini.

Sehingga, dapat meningkatkan tingakat ekonomi dan membuat masyarakat bisa menciptakan ekonomi yang mandiri.

“Fokus utama edukasi dan optimalisasi potensi wisata ini untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar dapat berinovasi dan konsisten dalam membangun serta memanfaatkan potensi wisata,” kata dia, saat dihubungi melalui sambungan selular, Senin (28/8/2023)

Rohim menuturkan,  dengan optimal nya wisata puncak gunung Salem diharapkan mampu mendorong UMKM untuk ikut serta mendapatkan manfaatnya.

“Ini juga akan mampu menciptakan perekonomian masyarakat desa secara mandiri,” tutur dia.

Rohim menyebutkan, pihaknya  telah  bersilaturahmi dengan warga setempat dan mencoba menambah inovasi dengan membangun Spot foto ekobrick  yang terbuat dari botol plastik kemudian diisi sampah plastik yang sulit terurai.

“Selain itu, kami membuat Gapura selamat datang menggunakan bahan yang ada, yaitu dengan bambu agar masuk konsep kebudayaannya,” terang dia.

Selain penguatan masyarakat nya, sambung Rohim, para Mahasiswa KKN UNDUR juga melaksanakan menguatkan dari segi promosi dengan cara berkolaborasi dengan Kepala Desa Girimulya.

“Kami membuat website desagirimulya.id sebagai bentuk promosi yang bisa diakses oleh orang diluar Desa Girimulya. Dalam website tersebut tertera informasi mengenai desa sekaligus potensi wisatanya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Girimulya Abah Dadin, sangat mengapresiasi para Mahasiswa UNSUR yang melaksanakan KKN di desanya.

Terlebih, telah mau berkolaborasi bersama pemerintah desa  dalam mengoptimalkan potensi potensi di wilayah.

“Kami sangat mendukung sekali dengan kegiatan ini, tentunya jika ada yang perlu kami bantu, pasti kami bantu semaksimal mungkin,” ucapnya. (Job1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist