Ratusan Siswa Antusias Mengikuti Kelas Edukasi Tabulampot di Kebun Raya Bogor

Ratusan siswa dari sejumlah sekolah mengikuti kelas edukasi di Kebun Raya Bogor. (Foto: Ist)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Sebanyak 330 siswa dari sejumlah sekolah antusias mengikuti kelas edukasi Tabulampot di Kebun Raya Bogor, Jumat (3/11/2023).

Ratusan siswa yang mengikuti kelas edukasi Tabulampot Kebun Raya Bogor ini diataranya berasal dari SD IT Cempaka Ria dan SMPIT Darul Qur’an Mulia.

Klas edukasi ini diselenggarakan dengan tujuan mendidik para generasi muda tentang pentingnya alam dan ekosistem serta membangun kesadaran lingkungan terhadap generasi muda.

Tabulampot merupakan kepanjangan dari Tanaman Buah Dalam Pot yang memiliki arti yaitu tumbuhan yang dibudidayakan didalam pot yang tujuannya untuk hiasan ataupun untuk di produksi buahnya.

Tanaman buah dalam pot juga tidak membutuhkan tempat yang luas dan dapat diletakkan di berbagai tempat.

Cara penanaman yang mudah dan praktis sehingga banyak dipakai sebagai program Urban Farming bagi masyarakat perkotaan dan yang tidak memiliki lahan yang luas.

Dalam kelas edukasi ini, para siswa diajak untuk mengikuti berbagai kegiatan yang terkait dengan berkebun, termasuk belajar mengenai jenis-jenis tumbuhan apa saja yang dapat di jadikan untuk menanam tabulampot hingga cara merawat tabulampot tersebut.

Mereka juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan para ahli taman atau kang kebun yang dipandu oleh Mas Rizal untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka mengenai berkebun hingga memberikan penjelasan mendalam tentang berbagai jenis tanaman buah yang dapat ditanam dalam pot.

Monic, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan kelas edukasi tersebut mengungkapkan antusiasmenya terhadap kegiatan kelas edukasi.

“Sangat seru sekali bisa mengikuti kegiatan kelas edukasi ini karena kita bisa banyak mendapatkan manfaatnya dari kegiatan ini,” kata dia.

Selain kegiatan kelas edukasi tabulampot, tentunya kebun raya juga menghadirkan kelas edukasi lainnya seperti Tahiaspot (Tanaman Hias Dalam Pot), Salampot (Tanaman Sayur Dalam Pot), Toga (Tanaman Obat Keluarga), Kelas Terrarium, Kelas Kompos, dan Kelas Anggrek.

PT Mitra Natura Raya selaku mitra pengelola kebun raya juga turut menghadirkan kelas edukasi di tiga Kebun Raya lainnya selain Kebun Raya Bogor yaitu Kebun Raya Bali, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Cibodas.

Pengembangan kelas edukasi di empat Kebun Raya menjadi bentuk komitmen PT MNR dalam meningkatkan fungsi edukasi di Kebun Raya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist