Ratusan PTPS se-Kota Sukabumi Dilantik Serentak, Bawaslu : Jangan Takut Melaporkan Setiap Dugaan Pelanggaran

Bawaslu Kota Sukabumi menghadiri pelantikann Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Senin 22/01/2023. (Foto:Ist)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Sebanyak 999 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dilantik secara serentak oleh
Panwascam se-Kota Sukabumi, Senin (22/01/2023).

Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Yasti Yustia Asih yang berkesempatan menghadiri pelantikan pun mengucapkan Selamat atas dilantiknya 999 PTPS se- Kota Sukabumi.

“Semoga sahabat PTPS yang sebagai ujung tombak dalam melakukan Pengawasan dapat melaksanakan tugasnya sebagaimana tertuang di dalam Undang-Undang demi tercapainya Pemilu yang berkualitas, demokratis dan bermartabat” ucap Yasti, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (23/1/2024).

Yasti menyebutkan, PTPS harus dapat memastikan suara di TPS akan tetap sama pada saat rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Nasional dan memastikan tidak terjadi dugaan pelanggaran.

“Surat suara memiliki ketajaman ibarat peluru, satu surat di (TPS) sangatlah berharga. Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) diharapkan bisa melakukan pengawasan dan pencegahan dengan baik,” katanya.

Yasti mengingatkan, apabila terdapat dugaan pelanggaran Bawaslu menekankan pada PTPS untuk dapat melaporkannya kepada jajaran Pengawas pemilu setingkat diatasnya yaitu Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) untuk diteruskan kepada Panwascam.

Kemudian, apabila terjadi dugaan pelanggaran Pidana Pemilu untuk segera melaporkannya ke Bawaslu Kota Sukabumi.

“Sebagai pengawas pemilu jangan takut untuk melaporkan setiap dugaan pelanggaran, karena kita dilindungi Undang-Undang, adanya (PTPS) sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017,” tegasnya.

Sebelumnya, Panwascam se-Kota Sukabumi membuka pendaftaran pada rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada 02-06 Januari 2024, dalam masa pendaftaran serta perpanjangan pendaftara yang dilakukan pada 07-08 Januari 2024, terdapat 1.337 pendaftar.

Kemudian, pada seleksi administrasi jumlah pendaftar yang lolos tahap Administrasi berjumlah 1.215 PTPS. Setelah itu, Panwascam melaksanakan tes wawancara guna menyeleksi PTPS agar dapat memenuhi kriteria Jumlah sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan di TPS se- Kota Sukabumi yang berjumlah 999 PTPS.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist