KPU Kota Sukabumi Segera Laksanakan Test CAT Bagi Ratusan Calon Anggota PPS

Komisoner KPU Kota Sukabumi Seni Soniasih saat diwawancara wartawan. (Foto:Her)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi akan segera melaksanakan test Computer Asisted Test (CAT) bagi ratusan calon anggota PPS tingkat Kelurahan.

Rencananya, test CAT terhadap calon anggota PPS tingkat kelurahan ini akan dilaksanakan pada 17 sampai 18 Mei 2024 mendatang.

“Alhamdulilah, rekruitmen calon anggota PPS kita sudah melakukan penelitian administrasi dan yang lolos akan segera melakukan tes tertulis CAT,” kata Komisoner KPU Kota Sukabumi Seni Soniasih, kepada wartawan disela-sela sesi wawancara calon anggota PPK, Senin (13/5/2024).

Seni menjelaskan, seharusnya tes CAT dilaksanakan satu hari lebih awal yakni dimulai sejak 16, 17, dan 18 Mei 2024.

“Berhubung kita akan melaksanakan pelantikan PPK tanggal 16 Mei, jadi kita akan laksanakan tes tulis untuk PPS itu di tanggal 17-18 Mei,” terang dia.

Seni menuturkan, calon anggota PPS yang lolos untuk mengikuti CAT berjumlah lebih dari 200 peserta. Hal ini diketahui berdasar hasil penelitian administrasi.

“Yang lolos dalam penilitan administrasi lebih dari 200 orang. Dalam CAT itu akan diseleksi menjadi 99 orang,”tuturnya.

Nantinya, sebanyak 99 orang itu akan ditempatkan di 33 kelurahan di Kota Sukabumi. Artinya, lebih dari 50 persenya peserta akan tereliminasi.

“Di setiap kelurahan itu ada 3 orang PPS yang akan kita tempatkan di sana,” imbuhnya.

Seni menambahkan, ada tahapan selanjutnya setelah para peserta itu melalui test CAT yakni sesi wawancara. Sama halnya dalam rekruitmen PPK, ratusan orang peserta terdiri dari orang lama dan sebagian orang baru.

“Kami tidak membedakan soal itu. Setiap warga yang berminat ya kami layani seseuai dengan peraturan yang berlaku,”ungkapnya.

Tapi, masih kata Seni, ada skala priotas dalam rekruitmen anggota PPS yakni sehat secara fisik jasmani dan rohani dibuktikan dengan kolesterol dan gula.

“Terus untuk ijazah dilihat dari ijazah aslinya yang itu disebutkan oleh kita di kita terus terkonfirmasi merupakan lulusan di sana. Sedangkan untuk catnya memang itu jadi ujung tombak untuk bisa masuk di tahap selanjutnya,”tandasnya. (Her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist