Memiliki Bulu Putih Kapas, Anak Elang Jawa Menjadi Penghuni Baru TNGHS

Seekor anak Elang Jawa ditemukan lahir di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Foto: Ist
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) kembali mendapat penghuni baru, berupa seekor anak Elang.

Spesieun pemilik nama latin Nisaetus bartelsi ini terpantau saat tim TNGHS melakukan Smart patrol di pohon Leungsar yang berada di blok Resor Pengelolaan Taman Nasional Wilayah (RPTNW) Cimantaja, pada Selasa (28/5/2024).

“Anak Elang Jawa ditemukan saat Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah (SPTNW) III Sukabumi,TNGHS, melakukan pengecekan,” Kata Kepala Balai TNGHS, Irzal Azhar, saat dihubungi wartawan melalui sambungan selullar, Minggu (2/6/2024).

Irzal menyebutkan, anak Elang Jawa yang ditemukan diperkirakan masih berusia dua hingga tiga minggu. Saat ditemuka, anak Elang Jawa tersebut masih memiliki bulu kapas atau berwarna putih.

“Jenis kelaminnya belum diketahui, kita juga belum kasih nama, nanti kita usulkan kepada Kementerian supaya dikasih nama,” ucap dia.

Penemuan anak Elang Jawa ini baru terjadi kembali, pasca ditemukannya Elang Jawa Juvenile Nisaetus bartelsi disarang yang sama pada empat hingga lima tahun lalu.

“Hingga saat ini TNGHS memiliki 33 pasang Elang Jawa yang dilepas liarkan, dan 1 pasang yang masih berada di suaka Elang,” terang Irzal.

Penemuan Elang Jawa ini merupakan kabar gembira bagi TNGHS. Pasalnya, tren populasi Elang Jawa di alam yang cenderung menurun.

“Taman Nasional Gunung Halimun Salak menjadi sebuah harapan baru bagi kelestarian populasi Elang Jawa untuk menjadi penerus tahta langit,” tandasnya. (Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist