7 Permainan Zaman Dulu yang Bikin Nostalgia

Deretan permainan zaman dulu
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Permainan zaman dulu, yang sering disebut juga dengan permainan tradisional, adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak di masa lampau.

Permainan zaman dulu ini biasanya tidak memerlukan alat yang mahal dan rumit, dan dapat dimainkan di mana saja, seperti di halaman rumah, lapangan, atau bahkan di gang sempit.

Permainan-permainan zaman dulu ini juga tidak hanya menyenangkan, tetapi juga melatih berbagai keterampilan seperti motorik kasar, koordinasi, dan strategi. Selain itu, juga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan antar pemain.

Berikut adalah 7 permainan zaman dulu yang sering bikin nostalgia:

1. Petak Umpet:

Permainan ini dimainkan oleh minimal 2 orang, di mana satu orang menjadi “penjaga” dan yang lainnya bersembunyi. Penjaga akan mencari pemain yang bersembunyi dan yang pertama kali ditemukan akan menjadi penjaga di ronde berikutnya.

2. Engklek:

Permainan ini menggunakan pola kotak-kotak yang digambar di tanah. Pemain akan melompat dengan satu kaki sambil melemparkan batu atau pecahan genting ke dalam kotak. Pemain harus mengambil batu dan melanjutkan ke kotak berikutnya dengan satu kaki, dan seterusnya.

3. Lompat Tali:

Permainan ini membutuhkan seutas tali yang dipegang oleh dua orang. Pemain lain kemudian akan melompat tali dengan berbagai gaya, seperti lompat satu kaki, lompat dua kaki, atau bekelan.

4. Layang-layang:

Permainan ini dimainkan dengan menerbangkan layang-layang yang terbuat dari plastik atau kain di udara. Pemain dapat bertanding untuk menerbangkan layang-layang mereka lebih tinggi atau lebih lama, atau mereka dapat saling mengadu layang-layang untuk memutuskan siapa yang akan putus talinya terlebih dahulu.

5. Congklak:

Permainan ini menggunakan papan congklak dan biji congklak (biasanya terbuat dari batu atau kerang). Pemain akan memindahkan biji congklak di sekitar papan sesuai dengan aturan permainan, dan pemain yang mendapatkan biji congklak terbanyak akan menjadi pemenangnya.

6. Kelereng:

Permainan ini dimainkan dengan kelereng yang terbuat dari kaca atau batu. Pemain dapat bermain dengan berbagai cara, seperti menembak kelereng orang lain, memasukkan kelereng ke dalam lubang, atau berlomba dengan kelereng.

7. Bola Bekel:

Permainan ini menggunakan bola bekel dan papan bekel yang memiliki lubang-lubang kecil. Pemain akan memantulkan bola bekel ke papan dan berusaha memasukkannya ke dalam lubang. Pemain yang mendapatkan poin terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Nah era permainan mana yang paling kamu sukai? Apakah kamu memiliki kenangan indah bermain permainan tradisional bersama teman-teman?

Meskipun teknologi dan gadget semakin canggih, permainan tradisional ini tetap memiliki daya tarik tersendiri dan tidak lekang oleh waktu.

Bahkan, saat ini banyak orang yang mulai kembali tertarik untuk memainkan permainan tradisional ini, baik untuk mengisi waktu luang, bersosialisasi, atau sekadar bernostalgia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist