Menilik Sejarah dan Rangkaian Acara Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Hari Anak Nasional merupakan momen penting untuk mengingatkan kita semua, tentang pentingnya melindungi dan memberdayakan anak-anak.

Adanya peringatan Hari Anak Nasional juga mengingatkan kita bahwa anak-anak adalah aset berharga bangsa, dan masa depan Indonesia. Oleh karena itu, kita semua harus bersama-sama untuk memastikan bahwa anak-anak Indonesia dapat hidup dengan sehat, bahagia, dan sejahtera.

Mari kita jadikan Hari Anak Nasional sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam mewujudkan hak-hak anak dan membangun masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Diketahui, Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli di Indonesia. Penetapan tanggal ini berlandaskan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984 yang didasari oleh Pasal 28B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Dimana isinya yaitu menjamin dan melindungi anak atas hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, dan berkembang, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Sejarah HAN berawal dari Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) pada tahun 1951. KOWANI mengusulkan agar diadakan Pekan Kanak-Kanak, untuk memperingati Hari Kanak-Kanak Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Juni.

Pada tahun 1952, Pekan Kanak-Kanak pertama kali diadakan di Istana Merdeka dan diikuti oleh berbagai kegiatan seperti pawai, pertunjukan seni, dan lomba.

Sejak saat itu, peringatan Hari Kanak-Kanak terus dilakukan setiap tahun dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anak Indonesia.

Rangkaian Acara Hari Anak Nasional 2024

Pada tahun 2024, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA RI) menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional ke-40 dengan tema “Generasi Bangsa Sehat dan Cerdas, Indonesia Maju”.

Rangkaian acara HAN 2024 dimulai pada tanggal 21 Juni dengan Evaluasi dan Perumusan Suara Anak Indonesia di berbagai tingkat wilayah.

Acara puncak HAN 2024 akan diadakan di Jayapura, Papua pada tanggal 23 Juli.

Beberapa kegiatan lain yang akan dilaksanakan antara lain:

-Seminar dan lokakarya tentang hak-hak anak

-Kegiatan edukasi dan hiburan untuk anak-anak

-Pemberian penghargaan kepada anak-anak berprestasi

-Kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan anak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist