Ajak Media Sukseskan Pilkada 2024, KPU Kota Sukabumi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Bareng PWI Kota Sukabumi

Foto bersama: sosialisasi pendidikan pemilih KPU Kota Sukabumi bersama PWI dan IKWI Kota Sukabumi. (Foto:Ist)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi mengajak PWI dan IKWI Kota Sukabumi untuk turut serta menyosialisasikan pendidikan pemilih, untuk menyukseskan Pelkada serentak 2024.

Hal itu dilakukan lantaran wartawan dianggap sebagai mitra kolaboratif yang strategis. Dengan harapan terbentuknya kesamaan persepsi antara media dengan KPU Kota Sukabumi.

“Jadi, kolaborasi sinergis itu mensyaratkan penyamaan persepsi dan rumusan tindak lanjut yang disusun bersama,” kata Imam seusai kegiatan sosialisasi dan pendidikan politik di Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sukabumi, Sabtu (19/10/2024).

Imam menuturkan, media massa masih menjadi corong informasi yang efektif. Sehingga, dapat menjadi garda terdepan sebagai mitra yang bisa memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menentukan calon pemimpin daerah lima tahun ke depan.

“Kita bisa bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa urusan Pilkada itu urusan menentukan pemimpin daerah yang akan membuka kemungkinan perbaikan ke depan,” pungkasnya.

Komisioner KPU Kota Sukabumi, Seni Soniasih, menambahkan satu di antara upaya menyukseskan Pilkada 2024 dilakukan dengan kegiatan sosialisasi. Sejauh ini, kata Seni, kegiatan sosialisasi sskaligus pendidikan politik dilakukan cukup masif dengan menjangkau berbagai segmentasi.

“Di antaranya kalangan marjinal, perempuan, disabilitas, ormas dan okp, serta lainnya,” kata Seni.

Cukup masifnya sosialisasi yang dilakukan membuat KPU Kota Sukabumi memasang target angka partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 bisa mencapai 80%. Target tersebut tak hanya dalam konteks kuantitas, tapi juga kualitas.

“Media massa merupakan salah satu mitra strategis yang bisa menyampaikan informasi secara luas. Tentu, menyukseskan pemilihan jadi tugas kita bersama, para stakeholder terkait,” imbuh dia.

Kegiatan sosialisasi dan pendidikan politik di Sekretariat PWI Kota Sukabumi tak hanya diikuti pengurus dan anggota, tapi juga melibatkan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang merupakan organisasi istri para wartawan.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Sukabumi, Ikbal Zaelani Saptari, mengapresiasi kegiatan tersebut. Tak hanya jadi ajang silaturahmi, tapi juga jadi ajang memperluas wawasan tentang kepemiluan.

“Kita juga bisa sharing, berdialog, serta berdiskusi berkaitan dengan pendidikan politik, terutama saat ini menghadapi Pilkada 2024,” kata dia.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist