Sudah Tangani 2 Kasus, Bawaslu Kota Sukabumi Semakin Gencarkan Sosialisasi Netralitas ASN pada Pilkada 2024

Bawaslu Kota Sukabumi sosialisasikan netralitas ASN dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024. (Foto:Her)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi semakin gencar menyosialisasikan pencegahan keberpihakan ASN kepada Paslon Wali Kota dan Wakil Walikota Sukabumi dalam Pilkada serentak 2024.

Kali ini, sosialisasi bertema “Menjaga Netralitas ASN Dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024” dilakukan bersama seluruh stakeholder disalah satu Hotel di Jalana Selabintana, Kota Sukabumi, Jumat (25/10/2024).

“Kegiatan hari ini berkaitan dengan netralitas ASN, dimana kami telah mengeluarkan beberapa upaya pencegahan terhadap netralitas ASN berkaitan dengan terselengaranya pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Gubernur dan wakil Gubernur,”kata Komisioner Bawaslu Kota Sukabumi, Firman Alamsyah Abdi Negara, kepada wartawan.

Firman menyampaikan, hingga saat ini Bawaslu Kota Sukabumi sudah menangani dua kasus terkait dengan netralitas ASN, termasuk dalam penyelenggaraan Haornas lalu.

“Yang pertama yang berhubungan dengan Haornas dan yang kedua terkait salah satu Camat di Kota Sukabumi. Sanksi yang diterapkan ada dua yaitu sanksi kode etik dan disiplin,”ujarnya.

Firman mengungkapkan, dua kasus netralitas ASN ini sudah diteruskan rekomendasinya ke BKN dan selanjutnya akan ditindaklanjuti ke BKSDM.

“Isi rekomendasinya menyampaikan bahwa yang bersangkutan telah melakukan pelanggaran terkait netralitas ASN. Untuk sanksinya merupakan kewenangan BKN dan BKSDM,”ungkapnya.

Untuk langkah selanjutnya, lanjut Firman, Bawaslu Kota Sukabumi akan gencar melakukan upaya sosialisasi sebagai upaya bentuk pencegahan. Pun telah koordinasi dengan PJ Wali Kota Sukabumi.

“Beliau (PJ Wali Kota,red) responsif juga terkait dengan upaya pencegahan ini, kemungkinan Selasa mendatang kita bersama Pak PJ akan melakukan kegiatan yang sama,”tandasnya. (Her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist