Guncangan Gempa Tuban Dirasakan Waga Cianjur – Sindangbarang

Guncangan Gempa Tuban Dirasakan Warga Cianjur hingga Sindangbarang.
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID –  Gempa bumi 6,6 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Jumat (14/4) sekitar pukul 16.55 WIB terasa hingga Cianjur.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 terjadi di laut Jawa, tepatnya 68 km barat laut Tuban, Jawa Timur.

Berpusat  di 6,29 lintang selatan,111,92 bujur timur dengan kedalaman 632 km, pukul 16.55 WIB.

Guncangan gempa 6,6 magnitudo ini dirasakan oleh masyarakat di sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur.

Diantaranya oleh warga yang berada di Cianjur kota juga di Cianjur Selatan, seperti  Kecamatan Sindangbarang dan Sukanagara.

Oyeh (26) warga Keluarahan Sayang, Kecamatan Cianjur, mengatakan, guncangan gempa dirasakan cukup kuat hingga membuatnya sempat panik dan keluar dari rumah.

“Lumayan guncangannya. Tadi sempat panik dan keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” ucap dia, kepada branda.co.id

Sementara itu, Sadiah,  warga Kecamatan Sukanagara mengatakan, guncangan gempa terasa cukup kuat hingga membuat kursi yang didudukinya bergoyang.

“Guncangannya cukup kuat, adi sempat panik juga karena takut berpusat di Cianjur. Ternyata, setelah lihat informasinya gempa di wilayah Tuban,” kata Sadiah.

Selain dirasakan di Kecamatan Cianjur dan Kecamatan Sukanagara, gempa juga dirasakan warga di Kecamatan Sindangbarang yang berdekatan dengan langsung laut.

“Kencang, sampai air di aquarium sempat tumpah, tapi tidak sampai membuat aquarium jatuh. Semoga saja, tidak ada yang terdampak parah,” tutur  Rusmana, seorang warga Sindangbarang.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Rudi Wibowo mengutarakan, pihaknya belum menerima laporan terkait kerusakan atau korban akibat gempa bumi di Tuban.

“Tidak ada laporan kerusakan ataupun korban yang terdampak. Tapi kita tetap imbau warga untuk hati-hati dan waspada dengan berbagai potensi kebencanaan,” katanya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist