Menggandeng UMMI dan ISO Jepang, Job Fair 2024 Disnaker Kota Sukabumi Siapkan 1.650 Loker dan 33 Perusahaaan

Kepala Disnaker Kota Sukabumi Abdul Rachman. (Foto:Ist)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi akan segera menggelar bursa kerja atau job fair untuk memfasilitasi para pencari kerja.

Rencananya, Job Fair Disnaker Kota sukabumi ini akan dilaksanakan pada 29 sampai 30 di Gedung Juang 45, dengan menggandeng Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dan ISO Jepang.

Dalam kegiatan tersebut terdapat 33 perusahaan yang akan merekrut para pencaker dengan kuota kerja kurang lebih 1.650 orang.

Kepala Disnaker Kota Sukabumi Abdul Rachman, mengatakan, Job Fair merupakan agenda rutinan setiap tahun yang di gelar Disnaker.

Harapannya, melalui Job Fair ini dapat bisa mengurangi angka pengangguran di Kota Sukabumi yang masih tinggi, 8,53 persen

“Memang masih tinggi angka pengangguran di Kota Sukabumi diatas presentase tingkat pengangguran di Jawa Barat yakni 7,44 persen. Mudah-mudahan Job Fair tahun ini ada kontribusi positif untuk pengurangan tingkat pengangguran terbuka,”kata Abdul kepada wartawan, Selasa (13/8/2024)

Nantinya di Job Fair itu akan ada seremonial pelepasan puluhan tenaga kerja yang di berangkatkan ke Jepang oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi.

Para pekerja itu akan magang berkerja selama tiga tahun di tempatkan di beberapa perusahaan di Jepang.

“Peluang kerja di Jepang masih sangat tinggi, karena mereka masih kekurangan tenaga kerja sekitar 19 ribu orang. Hal ini juga menjadi daya tarik para pencari kerja asal Kota Sukabumi agar bisa bekerja di Jepang,”bebernya.

Job Fair 2024 juga akan di hadiri oleh BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) dan BPJS Ketenagakerjaan yang akan menjamin baik keselamatan maupun kesehatan para pekerja di Jepang.

Ada informasi juga bagi para pencari kerja yang datang ke Job Fair akan mendapatkan tiket diskon 50 persen berwisata di Santa Sea. Bukan hanya itu, ada kuliner dan makanan dari para UMKM Kota Sukabumi yang siap meramaikan acara tersebut di halaman Gedung Juang 45.

Abdul berharap, momen Job Fair tahun ini bisa di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat khususnya para pencari kerja, karena akan bersaing pula dengan masyarakat dari luar daerah yang ikut mencari kerja. Pendaftaran bisa di lakukan secara online maupun offline nanti di lokasi

“Tentunya kami akan memprioritaskan kepada warga Kota Sukabumi dalam Job Fair ini, walau nantinya tidak menutup kemungkinan ada peserta luar daerah yang datang,”katanya. (Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist