Berbagai Program Terus Dilakakukan Pemkot Sukabumi Untuk Kendalikan Inflasi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi terus berupaya mengendalian inflasi agar tetap stabil.
Salahsatunya, dilakukan melalui bantuan sosial penyediaan beras kesejatreaan daerah (Rastrada).

Pun melalui subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah, memanfaatkan lahan perkarangan (urban farming) untuk ketahanan pangan, penyediaan paket sembako untuk masyarakat.

Kemudian, mengembangkan pangan lokal spesifik lokasi, salah satunya dengan tanaman sorgum sebagai alternatif pangan pokok di Kota Sukabumi, operasi Pasar di 7 kecamatan, gerakan tanam cabai dan bawang.

“Kita juga lakukan bazar murah dan gelar pangan murah keliling, rakor dwi mingguan pengedalian inflasi daerah dengan Pemprov Jawa Barat, dan rakor inflasi mingguan dengan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, dan cadangan pangan pemerintah (CPP),”ujar Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam, pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, Erni Agus Riyani.

Erni melanjutkan, upaya pengedalian inflasi menjelang Hari Besar Keagamaan Nasioanl (HKBN), serta Natal dan Tahun Baru juga dilakukan oleh pihaknya.

Diantaranya, dengan mendorong efektivitas pemanfaatan APBD melalui percepatan realisasi belanja, gelar pangan murah rencananya akan dilaksanakan 4 kali di bulan Desember ini, alokasi bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) untuk pemberian bantuan pangan, berupa pemberian bantuan beras sebanyak 14.000 kg Beras.

“Selain itu, melakukan penanaman bantuan bibit bawang merah sebanyak 15 ton dari Kemeterian Pertanian, memantau pergerakan harga setiap hari bersama satgas pangan, mengintensifkan pemantauan lapangan, melakukan input data Bapokting melalui aplikasi SP2KP, dan melakukan rapat mingguan TPIN dengan kemendagri dan rapat dwi mingguan dengan TPID provinsi Jawa Barat,”jelasnya.

Erni menambahkan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statisitik (BPS), Secara month to month (mtm), Kota Sukabumi alami inflasi sebesar 0,33 persen pada bulan November 2023, sedangkan hitungan year to date (ytd) mencapai 2,52 persen, dan hitungan year to year (yoy) sebesar 3,03 persen.

“November 2023 kemarin, nilai inflasi Kota Sukabumi secara mtm berada di angka 0,33 persen, dengan Indek Harga Konsumen (IHK) sebesar 116,18,”pungkasnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist