Ramadhan Berkah, Ini 7 Kegiatan Menarik untuk Anak di Bulan Puasa 

7 kegiatan menarik untuk anak di bulan Ramadhan
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – Bulan Ramadan itu penuh berkah dan ampunan.  Selain berpuasa, ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan anak-anak untuk mengisi waktu luang selama bulan puasa.

Seperti yang diketahui, pandangan anak-anak terhadap bulan Ramadhan itu bisa berbeda-beda, tergantung pada usia, pengalaman, dan latar belakang mereka.

Maka dari itu, para bunda bisa dapat menjadikan bulan Ramadhan sebagai momen untuk meningkatkan keimanan, belajar berbagi dengan sesama, dan memperkuat hubungan dengan keluarga dan masyarakat.

Berikut ini 7 kegiatan menarik untuk anak-anak di bulan puasa:

1. Membaca Buku Cerita Ramadhan

Membaca buku cerita bertema Ramadan bisa menjadi aktivitas seru dan edukatif untuk anak. Selain menghibur, juga dapat membantu anak-anak mengenal ibadah puasa, sejarah dan tradisi Ramadan, dan nilai-nilai Islam.

2. Menulis Jurnal Ramadhan

Menulis jurnal Ramadan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, dan bermanfaat bagi anak-anak.

Anak-anak dapat menuliskan pengalaman mereka selama berpuasa, hal baik yang mereka lakukan, tantangan yang mereka hadapi, dan  doa yang mereka panjatkan.

 Menulis jurnal Ramadan dapat membantu anak-anak untuk lebih bersyukur dan meningkatkan motivasi mereka dalam berpuasa.

3. Membuat Kalender Ramadhan.

Anak-anak dapat membuat kalender Ramadhan sendiri.  Mereka bisa menggambar masjid,  bintang dan bulan sabit,  atau  kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan selama bulan puasa.

Pada kalender tersebut, anak-anak dapat menandai  tanggal penting  seperti  hari pertama puasa,  Nuzulul Quran,  dan  Idul Fitri.

4. Menghafalkan Surat Pendek Al-Qur’an.

Bulan Ramadan adalah bulan yang tepat untuk menghafalkan surat-surat pendek Al-Qur’an.  Selain mengisi waktu luang, menghafal Al-Qur’an juga merupakan ibadah yang berpahala.

Orang tua dapat membantu anak-anak menghafal Al-Qur’an dengan cara yang menyenangkan, misalnya  dengan menggunakan lagu atau metode menghafal yang menarik.

5. Membantu Orang Tua Menyiapkan Menu Berbuka Puasa.

Membantu orang tua menyiapkan menu berbuka puasa bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak.

Mereka dapat membantu tugas-tugas ringan,  seperti  mencuci buah dan sayur,  mengambilkan bahan masakan,  atau  mengatur meja makan.

Dengan membantu orang tua, anak-anak akan belajar tentang pentingnya  kebersamaan  dan  gotong royong.

6. Beribadah Bersama Keluarga.

Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan ibadah bersama keluarga.  Orang tua dapat mengajak anak-anak untuk  sholat tarawih  bersama di masjid,  membaca Al-Qur’an bersama,  atau  memperbanyak doa.

Nah dengan beribadah bersama keluarga, anak-anak akan belajar tentang pentingnya ibadah dan  hubungan  dengan Allah SWT.

7. Menyumbang Makanan untuk Orang yang Membutuhkan.

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah.  Selain berpuasa dan beribadah, kita juga dianjurkan untuk  berbagi  dengan sesama.

Orang tua dapat mengajak anak-anak untuk  menyumbang makanan  untuk orang yang membutuhkan.

Dengan berbagi, anak-anak akan belajar tentang pentingnya  kepedulian sosial  dan  rasa syukur  atas nikmat yang mereka miliki.

Kegiatan-kegiatan tersebut  dapat  membantu anak-anak untuk mengisi waktu luang mereka selama bulan puasa dengan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan.

Selain itu, kegiatan-kegiatan tersebut  dapat  membantu anak-anak untuk  lebih memahami  ibadah puasa  dan  nilai-nilai Islam.

Selamat menjalankan ibadah puasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist