Mantap!! BPN Kota Sukabumi Dinobatkan Sebagai Kota Lengkap

Deklarasi Kota Lengkap BPN Kota Sukabumi. (Foto:Ist)
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

BRANDA.CO.ID – BPN Kota Sukabumi dinobatkan menjadi salah satu Kota lengkap oleh menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Penobatan dideklarasikan dilakukan secara virtual bersamaan dengan 13 Kabupaten dan Kota di Seluruh Indonesia, Kamis (30/05/2024).

Deklarasi di Kota Sukabumi disaksikan Pj Walikota Sukabumi Kusmana Hartadji, Kepala Kantor ATR/BPN Kota Sukabumi Surahman bersama Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) di Kantor ATR/BPN Kota Sukabumi.

PJ Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menyampaikan, dinobatkan nya Kota Sukabumi menjadi Kota lengkap berkat kolaborasi yang terus terjalin antara Kementerian ATR/BPN dan Pemerintah.

“Jadi kota lengkap itu, pemetaan seluruh bidang tanah sudah dilakukan oleh tim BPN Kota Sukabumi, tujuannya bagaimana masyarakat memperoleh kepastian secara hukum jelas terkait data hak atas tanahnya,” kata Kusmana.

Kang Tutus, sapaan akrab Kusamana mengapresiasi, pencapaian BPN Kota Sukabumi, terlebih program peningkatan pelayanan masyarakat hingga menuntaskan semua tugas kerja secara optimal. Termasuk sosialisas dan pembuatan sertifikat elektronik.

“Bahkan selain itu, ATR/BPN Kota Sukabumi sebelumnya juga meluncurkan sertifikat elektronik, yaitu proses pergantian dari buku sertifikat menjadi sertifikat elektronik”ujarnya.

Kepala kantor ATR/BPN Kota Sukabumi Surahman bersyukur dari 14 Kota dan kabupaten di seluruh Indonesia Kota Sukabumi salah satu yang masuk Kota Lengkap.

“Hal ini menunjukkan bahwa kita akan benar – benar menjalankan tugas secara maksimal sehingga target apa yang sudah dilaksanakan bisa tercapai,” tutrunya.

Sementara itu selain Kota lengkap, Surahman menjelaskan, bahwa bidang tanah sudah terpetakan sebanyak 100 persen dan datanya tersimpan aman di BPN.

“Namun untuk sertifikat saat ini belum seratus persen, baru sekitar 95 persen, untuk percepatan itu pemerintah pusat meluncurkan program PTSL. Pada anggaran tahun 2024 ini ada 500 bidang sudah selesai dan pada perubahan ditambah lagi 500 bidang jadi seluruhnya 1000 bidang,” pungkasnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add New Playlist